Senin, 02 Juli 2012

Uskup Müller Prefek Baru Kongregasi Untuk Ajaran Iman


Uskup Gerhard Ludwig Müller
Radio  Vatikan  menyiarkan  bahwa  kongregasi  untuk  Ajaran  Iman  telah  memiliki  seorang pemimpin  baru. Jabatan yang pernah ditangani oleh  Uskup  Ratzinger  yang telah mengemban tugas sebagai Pemimpin Gereja Katolik sedunia tersebut sebelumnya dipimpin oleh Kardinal William Joseph Levada. Kongregasi Untuk Ajaran Iman merupakan satu-satunya komisi yang memiliki tugas khusus memelihara keutuhan Tradisi Suci Gereja.
Kardinal William Joseph Levada telah mengundurkan diri dari posisi tersebut karena alas an usianya yang semakin tua.  Untuk itu Paus Benediktus XVI, pada  Senin 2 Juli 2012 melantik Uskup Gerhard Ludwig Müller, Uskup Regensburg sebagai Prefek Baru Kongregasi untuk Ajaran Iman, dan karena keutamaannya, Uskup Gerhard juga mengemban tanggung  jawab sebagai Presiden Komisi Kepausan “Ecclesia Dei”, Komisi kitab Suci dan Komisi teologi Internasional.
Kardinal William Joseph Levada sebelumnya juga menjabat sebagai Presiden Komisi Kepausan “Ecclesia Dei”, Komisi kitab Suci dan Komisi teologi Internasional sejak 13 Mei 2005. Uskup kelahiran 15 Juni 1936, di Long Beach, California tersebut adalah Uskup Auxiliar Los Angeles, California dan Uskup Administrator Apostolik di Santa Rosa, California, sejak 22 Juli 1999-11 April, 2000.  Jabatan sebagai Kardinal diperolehnya pada tanggal 24 Maret 2006.
Kardinal William Joseph Levada
Sementara itu, Uskup Gerhard Ludwig Müller adalah seorang Profesor Honoris Causa bidang Dokmatik Katolik pada Universitas Ludwig-Maximilian, Munich, Jerman.  Dalam usia 38 tahun, Uskup Gerhard Ludwig Müller termasuk salah satu profesor termuda dalam tahun  1986 di Universitas Munich, Jerman.
Uskup Gerhard Ludwig Müller lahir di Mainz-Finthen  pada 31 Desember 1947. Studi filsafat dan teologinya di Mainz, Munich and Freiburg, gelar doktor diperolehnya tahun 1977.  Dia ditahbiskan menjadi Imam di Mainz-Finthen tahun 1978 oleh Kardinal Volk. Dalam kiprahnya, Uskup Gerhard telah mendirikan Institut Paus Benediktus XVI yang mulai beraktivitas 1 September 2008. Uskup  Gerhard memiliki perhatian yang sangat besar terhadap karya dan pemikiran Joseph Ratzsinger (Paus Benediktus XVI), sehingga ia mengumpulkan sebagian besar karya tersebut dan memublikasikannya. Di samping itu Uskup yang terkenal cerdik ini juga menjadi dosen tamu di beberapa universitas terkenal seperti di  Cusco (Peru), Madrid (San Damaso), Philadelphia (USA), Kerala (India), Santiago de Compostela, Salamanca (Spanyol),  Universitas Lateran (Roma), Lugano and Sao Paulo (Brazil). Uskup Gerhard termasuk salah satu uskup yang sangat aktif dalam berbagai konferensi nasional maupun internasional para uskup sedunia. Lebih dari 400 buku telah ia tulis. Sebagian besar karyanya membahas tentang teologi dogmatik Katolik, maka tidaklah hal yang kebetulan jika Uskup Gerhard dipilih memimpin Komisi Kongregasi untuk Ajaran Iman. (Anthoni Primus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar