Rabu, 31 Agustus 2011

Open House, Salah Satu Hobi SBY?

Bagi para penggemar orang nomor 1 Indonesia, jangan ke mana-mana di hari Raya Idul Fitri ini. Mengapa? Sebab hari ini Presiden SBY menggelar Open House di kediamannya di Istana Negara. Open house ini terbuka untuk siapa saja yang ingin mengenal lebih dekat aktivitas Presiden dan situasi istana negara. Open House segera akan dimulai sekitar pkl. 10.00 hari ini. Sebelum Open House, Presiden akan  merayakan lebaran bersama keluarga wapres Boediono di Istana Negarasetelah shalat Id bersama di Masjid Istiqlal, Jakarta. "Sebelum open house di rumah dinas, Pak Wapres akan berlebaran di Istana Negara dengan keluarga Presiden. Jadwalnya pukul 09.00. Setelah itu baru open house di rumah dinasnya. Untuk kalangan pejabat dan menteri mulai pukul 10.00 dan umum setelahnya sampai pukul 15.00," ujar seorang anggota staf Wapres.
Konon kebiasaan Open House ini telah menjadi rutinitas Sang Presiden menyambut hari raya sejak pertama kali dipilih memimpin negara ini. Ini menunjukan kemurahan hati SBY yang terbuka dan mau lebih dekat dengan masyarakat Indonesia. Memang kebiasaan ini cukup langkah bagi seorang pemimpin negara, namun mengandung nilai positif mengingat sulitnya masyarakat menemui secara langsung presidennya.
Hal yang sama juga dilakukan oleh Wapres Boediono di kediamannya di Diponegoro. Sepertinya kedua tokoh ini memiliki hobi yang tidak jauh berbeda. Sekilas terkesan begitu kompak. Kebiasaan yang demikian bukan tidak mungkin tanpa efek buruk bagi para pengunjung. Pada open house tahun lalu, open house yang diadakan Presiden menelan korban tewas. Jhony Malela (45), penyandang tunanetra  tewas akibat berdesak-desakan di pintu gerbang Sekretariat Negara saat mengikuti open house di Istana negara. Pengalaman buruk itu sekaligus meninggalkan kewaspadaan pengamanan di istana presiden. "Belajar dari pengalaman tahun lalu, tentu sudah disiapkan langkah untuk tidak terulang lagi. Ada pengaturan yang lebih baik agar mereka tidak berdesakan di luar pagar, disiapkan tempat yang lebih lapang,"  jelas Juru Bicara Presiden Julian Aldrin. Open house yang direncanakan akan berakhir hingga pkl. 16.30 tersebut  seyogianya menjadi kesempatan silaturahmi masyarakat dengan sang pemimpin. Terlihat hobi sang presiden tidak terlalu buruk dan patut diteladani oleh para pemimpin bangsa ini, terutama di daerah-daerah provinsi. Ini bisa menjadi referensi yang baik demi mendekatkan masyarakat dengan pemimpinnya. (Anthoni Primus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar