Rabu, 03 Agustus 2011

Uskup Maumere suarakan anti korupsi

Uskup Maumere Mgr Geruful Kherubim Parera SVD mengatakan kepada anggota Forum Hak Asasi Manusia (HAM) bahwa para imam yang melayani keuskupannya akan mengambil tindakan terkait masalah korupsi melalui kotbah-kotbah mereka.

“Para pastor telah dihimbau agar setiap hari Minggu bisa berkotbah tentang ketidakadilan yang dilakukan oleh penegak hukum atau pemerintah terhadap masyarakat di wilayah keuskupan Maumere,” kata Uskup Kherubim saat pertemuan di kediamannya di Maumere, 21 Juli.
Uskup meminta Forum HAM itu untuk melibatkan diri secara sungguh-sungguh dalam membela kepentingan umat yang sedang bermasalah.
“Kalau ada umat yang sedang mempunyai persoalan, jangan terburu-buru membawa kasusnya kepengadilan negeri, tetapi sebaiknya berupaya untuk menyelesaikan persoalannya di luar proses hukum, kata Prelatus itu.
Menurut Uskup Kherubim, semua pihak yang sedang bersengketa sebaiknya diadakan upaya damai, daripada menyelesaikan melalui proses hukum, berhubung sistim hukum Indonesia belum memberikan rasa keadilan kepada masyarakat.
Uskup itu mencontohkan, ada sejumlah kasus di wilayah keuskupan Maumere di mana hakim memutuskan perkara tidak memperhatikan bukti-bukti yang terungkap di pengadilan. Hakim lebih berpihak kepada mereka yang memberikan kebaikan-kebaikan kepada penegak hukum. (cathnewsindonesia.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar