Jumat, 09 Maret 2012

Perayaan Pentahbisan Tiga Belas Diakon di Keuskupan Malang

 Yesus berkata: “Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu (Luk 10:2).”

Malang, Setelah menjalani retret kurang lebih selama satu minggu yakni mulai tanggal 9-14 Februari 2012, tiga belas frater berani dan siap memilih pilihan hidup yang radikal yakni ditahbiskan untuk menjadi diakon. Perayaan pentahbisan  diakon  diadakan pada tanggal 16 Februari 2012 di Gereja Katedral Keuskupan Malang.

    Dari tiga belas diakon yang ditahbiskan,   empat   diakon   berasal   dari  Kongregasi  Serikat Sabda Allah (SVD) yakni Diakon Agustinus Hartiman, SVD, Diakon Agustinus Sumaryono, SVD, Diakon Fransiskus Heru Kurniawan, SVD, Diakon Blasius Bedasius Bene, SVD. Lima diakon berasal dari Ordo Karmel yaitu Diakon Lamtarida Simbolon, O.Carm, Diakon Roberto Hasudungan Sianturi, O.Carm, Diakon Teguh Puspito Yudo, O.Carm, Diakon Alfonsus Manik, O.Carm, Diakon Samuel Situmorang, O.Carm. Tiga diakon berasal dari Kongregasi Misi yaitu Diakon Mistrianto, CM, Diakon Aloysius Bulu Lero, CM, Diakon Hendrikus, CM. Salah seorang Diakon lain berasal dari Keuskupan Denpasar, Bali, yaitu Diakon Alfonsius Kolo, Pr.

    Perayaan pentahbisan diakon  dipimpin langsung oleh Uskup Malang, Mgr. Herman Yosef Pandoyoputro,O.Carm dan didampingi oleh dua imam utusan dari Ordo Karmel dan Kongregasi Serikat Sabda Allah. Dalam perayaan pentahbisan hadir juga para imam yang berkarya di Keuskupan   Malang,  para   biarawan-biarawati beserta umat.

    Dalam kotbahnya, uskup menghimbau para diakon yang baru ditahbiskan untuk tidak mudah putus asa di tengah tantangan yang akan mereka hadapi sebab Tuhan pasti menemani mereka dalam pelayanan.

    Terima kasih kepada semua orang yang berdoa bagi para  diakon yang baru ditahbiskan sehingga Yesus  mengirim  mereka untuk menjadi pelayan bagi umat-Nya. Sebagaimana diperintahkan oleh Yesus dalam Injil (Luk 10:2), ke sepuluh   diakon siap untuk menjadi pekerja-pekerja di ladang Tuhan. Mereka hadir untuk menuai panenan yang banyak.

    Selamat berjuang buat para diakon yang baru ditahbiskan. Kami selalu mendoakan kalian. Tuhan memberkati. (Laporan Frater Joni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar