Minggu, 23 September 2012

Pembukaan Perayaan 100 Tahun Gereja Katolik Manggarai Di Maumere



          Walaupun puncak perayaan 100 tahun Gereja Katolik Manggarai di Ruteng akan dilaksanakan tanggal 29 September 2012 namun gaungnya mulai terasa di keuskupan Maumere. Sekitar 700 an warga Manggarai Timur, Manggarai Tengah dan Manggarai Barat yang berdomisili di kabupaten Sikka terdiri dari sesepuh, bapak, ibu, biarawan/ti, mahasiswa dan pelajar tumpah ruah di Lapangan Katedral Maumere Senin (20/8) untuk menghadiri pembukaan perayaan yang disponsori Alumni STFK Ledalero asal Manggarai. Pembukaan dihadiri Uskup Maumere Mgr. Gerulfus Kherubim Pareira, SVD, Vikjen Keuskupan Maumere, Pater Wilem Djulei, Sekretaris Uskup Romo Richard Buku, Pr, Pastor Paroki Katedral Romo Policarpus Sola, Pr,Sesepuh Manggarai di Maumere, Ketua paguyuban Manggarai Barat Drs. Damianus Adu, Manggarai tengah Paul Bangkor,SPi dan Manggarai Timur Drs. Rofinus Galis. Nampak juga formasi 100 anak sebagai simbol 100 tahun Gereja Katolik Manggarai yang berdiri mengitari obor yubilium.
          Uskup Maumere pada pembukaan menyapa warga yang hadir dengan sapaan kraeng dan enu (sapaan khas orang Manggarai,red). Menurut mantan Uskup Weetabula ini dua hal yang mendasar sehingga beliau diundang untuk membuka acara ini adalah Uskup Kherubim selama 15 tahun berkarya di Manggarai sebagai Frater Top di Kisol, Rektor Seminari Kisol, Direktur APK Ruteng dan Provinsial Ruteng. Sehubungan dengan perayaan 100 tahun Uskup berpesan kepada warga Manggarai harus membuat arus balik dari Barat ke Timur karena dulunya 10 guru asal Maumere yang dibawa Misionaris untuk menjadi misionaris dan berkarya di Manggarai dan kini telah beranak cucu di Manggarai sambil menyebut beberapa nama guru seperti Guru Mandaru, Guru Dare dan lainnya.”Dua alasan ini yang menjadi dasar saya membuka kegiatan ini”, tandas Uskup seraya mengharapkan kiranya perayaan ini menghasilkan buah berlimpah bagi kehidupan anda yang mengais rezeki di kabupaten Sikka.
         Usai Pembukaan Uskup Kherubim menyalakan obor yubilium sebagai tanda dimulainya pelbagai kegiatan di Keuskupan Maumere. Menurut Ketua Pelaksana Adrianus P. Jaya, S.Ag didampingi Ketua Umum Paulus Bangkur, SPi kegiatan yang dilaksanakan tiap hari Sabtu dan Minggu hingga tanggal 22 September 2012 adalah pertandingan bola kaki kategori anak-anak, pelajar, mahasiswa dan orang tua, Bola Volley baik putra maupun putri. Pada tanggal 28 September 2012 akan diadakan seminar tentang Sejarah gereja katolik Manggarai oleh Direktur Puspas Keuskupan Ruteng Romo Dr. Martinus Chen,Pr dan tanggal 29 September 2012 perayaan ekaristi sebagai perayaan puncak. Usai perayaan akan digelar tarian caci oleh warga Manggarai di Maumere.
          Pada pertandingan pembukaan yang ditonton langsung uskup dan undangan adalah pertandingan eksebisi antara sesepuh keuskupan Ruteng yang ada di Maumere versus Para pastor kota Maumere yang dimenangkan para pastor dengan skor 2-0. Selain itu pertandingan bola kaki mini Biara Muda versus Ikatan Mahasiswa Manggarai dan pertandingan Bola Volley Putra Manggarai Timur versus Manggarai. (Yuven Fernandez)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar