Selasa, 26 Maret 2013

Angela Dora Venus Sakuntala Calon Pelukis yang Gemar Menyanyi




Apa kabar Angela Dora Venus Sakuntala? Murid kelas lima (V) SD Tarakanita, Citra Raya, Kab. Tangerang, Prov. Banten  ini tidak salah kalau dikatakan sosok anak multitalenta. Pasalnya  selain dikenal sebagai seorang pelukis, gadis cilik ini juga memiliki bakat menyanyi.
Mau berteman dan berkenalan dengan sahabat kita yang telah berusia 13 tahun ini? Siapa tahu dengan belajar dari bakat yang dimiliki Dora, teman-teman dapat mempunyai bakat seperti Dora. Soal talenta yang dimiliki, ia gemar menyanyi, jago melukis, mewarnai, piawai bermain musik (keybooard) serta selalu meraih prestasi akademik yang membanggakan.  
Ditemui belum lama ini di Tangerang, Dora yang didampingi ibunya (Fransiska Irawati) menjelaskan bulan Oktober 2012 lalu si pelukis cilik ini mengikuti lomba menggambar berbagai objek dalam rangka ulang tahun Commonwealth Life” ke-20 di Jakarta. Dora menjadi pemenang utama dalam perlombaan tersebut. Dora meraihnya dengan hadiah paket liburan  Dreamworld Austarlia bersama keluarga selagus mendapat uang tunai 3 juta rupiah dari perlombaan tersebut. Luar biasa, bukan?
Selanjutnya dalam hitungan waktu yang tidak terlalu lama, Dora lagi-lagi meraih juara. Pada bulan Desember 2012, bertempat di Resort Sentausa Singapura, Dora meraih juara I menggambar Beauty of Sharks art Competition Se-Asia Pasifik. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Ocean Geographic.
Umat paroki St. Odilia  Citra Raya menceritakan bahwa sejak kecil ia senang mengikuti lomba. Sebelumnya tahun 2011 Dora meraih juara II dalam Kontes Duta Baca Read a Store 2011, kategori anak-dewasa. Para finalis  menampilkan kemampuan membaca cerita dengan didukung properti yang telah disiapkan sebelumnya. Ajang tersebut diselenggarakan oleh Erlangga Family 2011 bertempat di Cilandak Town Square, Jakarta.
Fransisca Irawati, ibunda Dora menuturkan sejak  berumur dua tahun Dora suka dan akrab dengan menggambar dan selalu setia mengikuti lomba. Bahkan ketika umur 6 tahun (waktu ia duduk di kelas II SD Tarakanita) Dora menjadi pemenang I mewakili Indonesia mendapat penghargaan  Barbara Patchenik, sebuah kompetisi menggambar peta Internasional. Dari enam gambar, peserta dari Indonesia karya Dora berjudul “Marilah Kita bersatu hati dan Damai” terpilih menjadi pemenang.  Ajang yang berlangsung dua tahunan itu baru diikuti Dora (keempat kali untuk Indonesia) dan Dora langsung menjadi juara I. Kompetisi tahun ini (2011) Dora lagi-lagi mengikuti kompetisi tersebut namun belum diumumkan para juara. Tentang kompetisi ini diselenggarakan Konfrenrensi International Chortography Association (ICA) di Santiago, Chile, AS.
Dora mengatakan meski gemar melukis, mewarnai tidak lupa berusaha tetap berprestasi dalam bidang akademik. Buktinya sejak di kelas I sampai dengan kelas lima Dora selalu menjadi juara umum. Semua mata pelajaran disukai Dora, tetapi yang paling berkesan adalah mata pelajaran Ketrampilan dan Kesenian (KTK).
Bila tiba liburan sekolah, Dora yang dilahirkan 6 Mei 2002 ini sangat sibuk mengisi berbagai acara di sejumlah hotel di Jakarta. Selain mengajar anak-anak seusianya menggambar, Dora juga menyanyi untuk menghibur orang banyak. Hebat bukan??? Ia menyebut hotel-hotel seperti Mercuri Ancol, Hotel Saripan Pasific dan lainnya, tak luput dari kunjungan gadis cilik yang sangat kreatif tersebut. (Konradus R. Mangu)
                                                                                          

1 komentar:

  1. Mohon info no hp Dora Sakuntala, sys yg dulu sbg koordinator lomba gambar un ICA, sekalugus juri internasionalnya. Dimana Dora menjadi salah satu winnernya. Sy sdh pensiun, saat ini sdg menyusun buku kumpulan gambar anak-2 seduania yg pernah mengikuti Lomba Barbara Petchenik. terima kasih. mohon no nya dikirim ke 0818750182, wass Diah Kirana

    BalasHapus