Rabu, 27 Maret 2013



Pendidikan Berbasiskan Perkembangan Anak


Judul          : PAUD, Panduan Praktis Pendidikan Anak Usia Dini
Penulis       : Suzie The Trainer
Penerbit     : PT Elex Media Komputindo
Tebal         : 156  Halaman


           
Pendidikan merupakan proses pematangan kepribadian manusia. Proses pendidikan dimulai sejak anak memasuki fase awal pertumbuhan. Seorang anak, sejak masa pertumbuhannya memiliki kecendrungan untuk beraktivitas, misalnya ingin melakukan suatu kegiatan atau ingin mengetahui sesuatu. Kecendrungan inilah yang perlu dikenal dan dimengerti oleh para orangtua dan guru dalam mendidik dan mendampingi anak-anak mereka. Lantas, bagaimana mengetahui dini bahwa anak sedang mengalami atau melewati proses pertumbuhan?  Itulah persoalan yang dibahas dalam buku “PAUD, Panduan Praktis Pendidikan Anak Usia Dini” yang ditulis oleh Suzie The Trainer. Buku yang kaya ini mengupas tuntas bagaimana mendidik anak sejak 0 bulan hingga anak berusia di atas 4 tahun melalui pendekatan psikologi dan biologis perkembangan anak. Uniknya bahwa penulis menyisipkan bonus: “Menu Makan Penyapihan pada Bayi” sebagai suplemen bagi para ibu yang menyusui.

            Anak membutuhkan untuk dipahami, namun terlebih dari itu anak membutuhkan sentuhan kasih dari orangtuanya. Sentuhan kasih harus sepadan dengan perkembangan psikis dan biologis anak, sebab tidak semua anak dapat diperlakukan sama dari masa ke masa. Dengan memahami anak dalam konteks perkembangannya masing-masing akan sangat membantu orangtua atau guru dalam memberikan pendidikan awal yang sesuai kebutuhan anak.

Walaupun dari segi bahan dan layout  tidak begitu menarik, buku ini sangat direkomendasikan bagi para orangtua dan para pendidik dalam meningkatkan pengenalan dan pemahaman terhadap perkembangan anak dari waktu ke waktu.   (Antonius Primus) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar