Rabu, 27 Maret 2013

OSIS SMAK NDAO GELAR LKTD



ENDE – SMAK Frateran Ndao menggelar Latihan Kepemimpinan Dasar (LKTD) bagi siswa/i pengurus Osis sekolah tersebut, awal tahun 2013 (22-25/01). Siswa/i yang duduk di kelas X dan XI ini dibekali pelbagai materi yang berhubungan dengan Kepemimpinan, diantaranya materi tentang kemampuan meyelesaikan masalah, kemampuan mengayomi dan memanage sebuah organisasi, dan kemampuan memahami situasi dan kondisi orang – orang yang dipimpin.
Kegiatan yang diikuti oleh 50 peserta ini dilangsungkan di aula Firdaus Nanganesa, Ende. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh pendamping dan pembina Osis SMAK Frateran Ndao, Bpk Feliks Pandai, S.Pd. Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang teknik memimpin rapat, simulasi dan aplikasikannya bagi peserta LKTD, yang diberikan oleh kelompok GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia) bekerja sama dengan pembina dan pendamping SMAK Frateran Ndao.
Hari berikutnya para peserta dibekali materi tentang public speaking, tata cara menyelesaikan masalah, manajemen organisasi, teknik berpidato, surat menyurat, teknik melobi, debat dan diskusi, serta metode – metode yang tepat dan benar dalam memperkuat team building. Semua itu diberikan kepada para peserta dengan harapan supaya para peserta tidak hanya tahu bagaimana sebuah kepemimpinan itu dibentuk dan dijalankan, tetapi juga bagaimana nilai – nilai sosial sebuah kepemimpinan terbentuk satu sama lain.
Hal ini disampaikan oleh Tasmin Tong, Ketua GMNI Cabang Ende. Tasmin juga mengatakan diselenggarakannya LKTD kepada pengurus Osis SMAK Frateran Ndao dengan tujuan  terbentuknya sikap dan tindakan yang tepat, terbinanya pribadi yang berkarakter unggul dalam pelbagai aspek kehidupan manusia. Maka yang diharapkan dari kegiatan ini adalah kemandirian dan kesadaran untuk mau melaksanakan segala sesuatu dengan penuh rasa tanggung jawab, mulai dari hal – hal yang kecil hingga hal yang besar. Di samping itu, juga terbentuknya calon – calon pemimpin yang berkarakter dan berbudi pekerti luhur.
Di bawah tema “LKTD sebagai wahana penemuan dan pembentukan jiwa kepemimpinan yang JUJUR (Jeli, Ulet, Juang, Unggul, Religius)”, siswa/i SMAK Frateran Ndao diajak untuk menyelami cara berpikir kritis, cara mengambil suatu tindakan dalam mengatasi suatu masalah sehingga keputusan yang diambil sungguh – sungguh sebuah keputusan yang arif, bijaksana dan dapat dipertanggungjawabkan secara baik dan benar.
Adapun nilai–nilai dasar kepemimpinan disampaikan oleh pembina dan pendamping LKTD lewat berbagai metode, seperti game, sosialisasi dan simulasi, curhat, hiburan, dsb. Metode – metode yang digunakan bermuara pada terbina dan terbentuknya karakter peserta LKTD yang tanggap, peduli, sadar, solider dan tanggung jawab.   
Kegiatan yang terselenggara atas kerja sama SMAK Frateran Ndao dengan GMNI Cabang Ende ini ditutup dengan acara hiburan dan rekreasi bersama. Sedangkan hal – hal yang dapat disimpulkan dari seluruh rangkaian kegiatan ini adalah bahwa menjadi seorang pemimpin membutuhkan keteladanan dan tanggung jawab yang radikal, baik secara intelektual maupun secara moral. Selain itu, kerja sama tim juga menjadi salah satu unsur penting yang harus dimiliki seorang pemimpin, terutama dalam menyelesaikan setiap persoalan yang dihadapi. (Fr. M. Patricius, BHK)

1 komentar:

  1. Hmmmm kreatif betul Almamaterku ini.. salam kenal ow bwt yg punya blog...

    BalasHapus