Rabu, 08 Agustus 2012

Dua Doktor Gereja Baru: St Hildegard dari Bingen dan St. Johanes dari Avila


St Hildegard dari Bingen
Ribuan peziarah memadati halaman St. Petrus dengan berdoa Regina Coeli bersama Paus Benediktus XVI beberapa bulan lalu. Peristiwa itu menandakan pembukaan Pertemuan Sinode Para uskup XIII tentang Evangelisasi Baru dalam Pewartaan Iman Katolik. Berkaitan dengan evangelisasi tersebut, secara khusus dikenangkan dua sosok Doktor Gereja yang baru saja diumumkan Paus Benediktus XVI oktober tahun lalu, yakni St Hildegard dari Bingen dan St. Johanes dari  Avila. Bapa Suci mengungkapkan kegembiraannya, „Saya senang  mengumumkan bahwa pada 7 Oktober lalu, pada hari pembukaan Pertemuan Sinode Para uskup, St Hildegard dari Bingen dan St. Johanes dari  Avila sebagai Doktor Gereja“.
St. Johanes dari  Avila
            Gelar doktor Gereja diberikan kepada para kudus yang ajaran teologinya benar sepanjang masa. Sebelumnya, Paus Paulus VI memilih dua doktor Gereja: St. Teresa avila dan St. Catherina  dari Siena. Masa Johanes Paulus II, memilih seorang doctor Gereja baru pada tahun 1997, yakni St. Theresa Lisieux. Paus Benediktus XVI menyebut dua doktor pada Oktober tahun lalu. Sehingga total ada 35 doktor Gereja.
            Gelar doktor tidak berhubungan dengan fungsi hirarkhi Magisterium. Melalui Pembaptisan, semua orang turut berpartisipasi dalam imamat umum semua orang beriman. „Dalam janji terhadap iman“ ungkap Paus Paulus VI ketika mengumumkan gelar doktor Gereja bagi St. Teresa dari Yesus. „banyak wanita yang mencapai puncak kemuliaan, bahkan dimana kata-kata dan tulisan mereka menjadi terang dan penuntun bagi kehidupannya“. (Ed. Anthoni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar