Kamis, 16 Agustus 2012

Talk Show dan Bedah Buku “Panduan Praktis Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)”


KESIAPAN ORANG TUA DALAM POLA ASUH ANAK


Surabaya - Sering kita mendengar istilah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Tapi apa dan bagaimana sebenarnya PAUD masih simpang siur. Dalam Talk Show yang diadakan di Toko Buku Gramedia Tunjungan Plaza Surabaya jelang akhir Juli lalu, penulis Suzie The Trainer membagi pengalaman dan pengetahuannya ketika masih menjadi guru di Singapore National Academy Surabaya (tahun 2004-2006) dan catatan pribadi hasil diskusinya dengan banyak pakar pendidikan anak dari luar negeri. Semua penerapan pola asuh yang selama ini kurang tepat diulas secara terbuka dalam acara yang sekaligus merupakan Bedah Buku yang berjudul “Panduan Praktis Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)” terbitan Elex Media Komputindo.
Menurutnya ada beberapa hal yang perlu disadari orangtua, diantaranya adalah kesiapan mental untuk berkorban dalam mengasuh anak serta selalu menambah pengetahuan tentang pendidikan anak di samping kesiapan finansial. Banyaknya Baby School dan program-program sejenis yang muncul terutama di kota-kota besar karena keinginan orangtua yang cenderung mencari cara termudah dan praktis memenuhi kebutuhan anak-anaknya; sementara hal tersebut belum tentu tepat. Misalnya program Baby Spa dimana bayi dipijat oleh seorang terapis, padahal seharusnya bayi dipijat oleh orangtuanya sendiri untuk menumbuhkan hubungan emosional yang dekat dengan orangtua.
Talk Show dan Bedah Buku yang  berlangsung sekitar 2 jam itu, Suzie Sugijokanto yang akrab disapa Suzie menekankan pentingnya fungsi ASI untuk kekebalan tubuh bayi dan menghindari alergi pada bayi, yang akhir-akhir ini jumlah penderitanya meningkat cukup signifikan. Di samping itu, kesabaran orangtua juga dituntut, terutama ketika bayi belajar menelan dan mengunyah makanan padat pada awal masa penyapihan. Suzie menganjurkan untuk tetap membuat makanan bayi yang murni dari bahan-bahan alami seperti daging dan sayur-sayuran yang sudah direbus matang serta buah-buahan yang sudah masak tanpa tambahan gula, garam dan bahan kimia lainnya demi keseimbangan nutrisi anak. Bukan dengan pengganti makanan padat instan yang banyak beredar di pasaran! “Memang cara itu sangat merepotkan terutama bagi ibu-ibu yang sibuk bekerja, tapi apalah artinya itu semua demi masa depan kesehatan keturunan kita” jelasnya Suzie.
Di antara sebagian besar pengunjung toko yang hadir dalam Talk Show tersebut tidak sedikit para bapak yang yang aktif menanyakan segala hal yang berhubungan dengan pendidikan anaknya. Seorang bapak sangat tertarik dan menanyakan kapan tepatnya anak  sudah dapat masuk sekolah formal. Suzie menerangkan bahwa lebih baik setelah anak berusia 3 tahun baru dapat dikirim ke sekolah. Anak usia di bawah 3 tahun, menurut Suzie adalah usia-usia yang masih membutuhkan kedekatan emosional dengan orangtuanya.

Acara ditutup dengan pemberian diskon sebesar 10% khusus untuk pembelian buku dari Suzie The Trainer pada hari itu juga. Para peserta menyambut dengan antusias kehadiran buku “Panduan Praktis Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)”. Ekspresi positif tersebut terungkap dalam sesi foto bersama dan secara bergiliran meminta tanda tangan penulis sebelum meninggalkan Toko Buku Gramedia Tunjungan Plaza Surabaya tersebut.  (Suz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar