Selasa, 28 Agustus 2012

PERAK IMAMAT

Ribuan umat menghadiri perayaan syukur perak imamat Romo Gerardus Janur, Pr di lapangan bola kaki dekat Kapela kampung Barang, paroki Beamese Kecamatan Cibal, Mangarai, 27 Juli 2012. Perayaan 25 tahun ziarah imamat Vikep Ruteng ini dipadukan dengan perayaan intan (60) tahun pernikahan orang tuanya, Bapak Yosef Nalas (Yosesf) dan Mama Yuliana Pisang (Ana).
Ribuan umat datang dari berbagai tempat dan paroki guna menghadiri syukur yang dipimpin Vikjen Keuskupan Ruteng, Romo Laurens Sopang, Pater Dr. Huber Muda, SVD dan puluhan imam. Wakil bupati Deno kamelus , para pejabat, biarawan-biarawati, utusan dari paroki-paroki yang pernah menjadi tempat pelayanan Romo  Geradus juga dari beberapa sekolah di bawah asuhannya.
Pater Huber dalam khotbahnya mengatakan, perayaan 25 tahun imamat dan 60 tahun pernikahan adalah momentum penting dalam perjalanan manusia  baik sebagai imam maupun dalam kehidupan berkeluarga. Perjalanan panjang para yubilaris menandakan kesetiaan dan penyertaan Tuhan yang tak pernah berhenti dalam karya dan pengabdian baik sebagai imam maupun dalam hidup berkeluarga.
            “Peristiwa besar   kita rayakan sekarang ini. Apa yang terjadi pada romo Gerardus dan orang tuanya adalah bukti kebesaran Tuhan dalam membimbing umatNya.Romo Gerardus, Bapa Yosef dan Mama Ana telah memberikan teladan untuk kita semua.  Hal yang diteladani adalah  tentang bagaimana mengisi hidup dengan karya-karya  nyata yang tidak saja bermanfaat  bagi pribadi, tetapi juga bagi orang banyak,” katanya.
            Vikjen Romo Laurens Sopang menyatakan terima kasih kepada orang tua dan keluarga yang merelakan anaknya untuk bekerja di ladang Tuhan. Apa yang terjadi pada keluarga ini mengingatkan juga semua keluarga katholik untuk selalu menumbuhkan semangat panggilan, terutama pada anak-anaknya. Di tengah dunia yang membutuhkan banyak panggilan, kehadiran para pekerja sangat dibutuhkan. Dan kepada semua keluarga yang hadir Vikjen meminta, “ Jangan Lupa Berdoa Untuk Para Imam, Untuk Kami-kami ini,” pintanya dengan nada keras.
            Romo Gerardus Janur yang ditabiskan imam 25 tahun lalu, mengatakan, dirinya pernah bekerja di paroki Pateng-Rego, Paroki Beokina,paroki Cancar dan Paroki Kuwu; Sejak 5 tahun lalu Uskup Ruteng memberi saya satu tugas lagi Ketua SUKMA ( Sekolah Umat Katolik Manggarai) sampai sekarang.Dalam perjelanan tersebut, dirinya tidak saja memberikan pelayanan rohani, membangun sarana air bersih, membuka jalan raya, promosi kesehatan ibu dan anak, promosi tenun ikat pertanian ekologis dan arisan. Semua bisa berjalan karena selalu bekerja sama dengan umat, pemerintah dan LSM-LSM dalam dan luar negeri.
            “Saya berterima kasih atas semuanya itu. Terima kasih telah mendukung perjalanan imamat saya hingga 25 tahun ini dan seterusnya. Karya pastoral saya bisa berjalan  karena bantuan dan dukungan semua, termasuk kalangan LSM’ katanya.
            Wabup Manggarai Deno Kamelus menyatakan banyak hal telah dilakukan Romo Gerardus  selama 25 tahun.Karyanya tidak saja untuk gereja,tetapi juga untuk pembangunan di wilayah Manggarai. Karya nyata tersebut telah dirasakan dan sulit untuk dilupakan  umat yang pernah dilayaninya.
“Peristiwa hari ini, saya nilai langka. Perak imamat anak bisa dirayakan dengan perayaan intan pernikahan orang tua. Dari momen ini, banyak yang kita pelajari. Kesetiaan akan panggilan dan kepasrahan pada Tuhan atas hadup dan karya sehari-hari,” katanya.(John Madu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar